Home » » Pengaruh Teknologi Modern bagi Masyarakat

Pengaruh Teknologi Modern bagi Masyarakat

Pengaruh Teknologi Modern bagi Masyarakat- A.Pengrtian Teknologi
Teknologi berasal dari istilah teckne yang berarti seni (art) atau keterampilan. Menurut Dictinori of Science, teknologi adalah penerapan pengetahuan teoritis pada masalah-masalah praktis.
.       Teknologi sebagai barang bantuan
Tidak ada manusia yang sempurna, semua pasti memiliki kelemahan.
Kelemahan yang ada pada diri manusia itu kemudian di miniamlisir dengan adanya teknologi agar kelemahan yang di miliki manusia pun menjadi sedikit berkurang. Tetap barang-barang buatan tidak hanya terbatas pada kelemahan manusia saja tetapi sesuatu yang tadinya belum terpikirkan.
.      Teknologi sebagai kegiatan manusia
Kegiatan manusia tidak lepas dari kegiatan membuat dan menggunakan.
Kegiatan manusia itu merupakan bentuk dari teknologi itu sendiri.
.       Teknologi sebagai kumpulan pengetahuan
Kegiatan membuat dan menggunakan pasti tidak akan lepas dari ilmu membuat (produk) dan ilmu menggunakan (konsumsi). Ilmu tersebut merupakan kumpulan dari pengetahuan yang di dapat manusia dari berbagai sember.
.      knologi sebagai kebulatan system
Pembahasan yang bulat dan menyeluruh akan tercapai kalau teknologi di tinjau sebagai suatu system. Ini berarti teknologi di bahas sebagai suatu kebulatan unsur-unsur yang selalu berkaitan dan saling mempengaruhi dalam lingkungan system itu sendiri.
Memahami teknologi tidak bisa di pisahkan dari ilmu pengetahuan alam (nature science) dan rekayasa (engineering). Ilmu pengetahuan alam adalah input bagi proses ilmu rekayasa sedangkan teknologi adalah hasil proses rekayasa.


Di antara ke tiganya, IPA menggunakan lambang lambang komunikasi yang paling pasti seperti matematika,fisika,kimia,biologi sehingga kemungkinan untuk di salah mengerti kecil sekali. Proses rekayasa sudah baran tentu menggunakan lambang-lambang yang di gunakan dalam IPA, tetapi rekayasa juga sedikit menggunakan sedikit bahasa-bahasa yang di gunakan dalam ilmu social sehingga mudah di pahami. Jadi rekayasa adalah tengah-tengah di mana dapat menggunakan lambang-lambag dalam IPA dan mampu juga di pahami karna terdapat ilmu socialnya. Sedangkan Teknologi, karna fungsinya adalah untuk mempermudah di gunakan oleh manusia maka harus di mengeti manusia itu sendiri.
Banyak sekali pengertian teknologi, dalam buku yang berjudul The Man-Made Word penulis buku berpikiran sekarang ini manusia tidak hanya sekedar tinggal di dunia ini tetapi juga sekaligus di dalam alam teknologi ciptaan manusia itu sendiri yang tentunya tidak lepas dari izin alloh ta’ala maksudnya adalah:
1.      Manusia tidak bisa lagi di pisahkan dengan teknologi
2.      Manusia memerlukan teknologi dalam seluruh aspek kehidupannya
3.      Teknologi menjadi tempat dan lingkunngan hidup manusia(habitata).
Teknologi akan memberikan penaruh dalam kelangsungan hidup manusia dan manusai terus mempengaruhi maju atau tidaknya teknologi.
B.     Pengaruh Perkembangan Pengetahuan Teknologi Terhadap Kehidupan Masyarakat  
Penget ahuan perupakan pengalaman yang bermakna dalam setiap diri manusia yang tumbuh sejak di lahirkan.Oleh kerna itu manusia yang normal sudah pasti memiliki pengetahuan. Pengetahuan memiliki sifatn yang acak. Dalam kehidupan yang sangat berkembang dan penuh tantangan, nilai fungsionalnya tidak mencapai optimal untuk menghadapi tantangan dan pemecahan masalah yang rumit. Agar nilai fungsionalnya menjadi optimal maka pengetahuan yang acak tersebut harus ditingkatkan menjadi ilmu.
Ilmu pengetahuan merupakan kumpulan fakta – fakta dan aturan – aturan yang ada hubungannya antara satu dengan yang lainya. Ilmu pengetahuan sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan ilmu pengetahuan manusia dapat mengembangkan daya kemampuan yang dimiliki.
Pengetahuan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari. Dengan pengetahuan pemanfaatan benda, alat – alat, senjata dan juga hewan, menjadi mudah dan terarah untuk mencapai hasil. Apalagi jika pengetahuan tersebut telah tersusun dan ditingkatkan menjadi ilmu pengetahuan, maka penerapan pemanfaatan benda, alat, senjata tersebut akan menjadi lebih baik lagi. Penerapan pengetahuan dan ilmu pengetahuan dalam kehidupansehari – hari untuk menghasilkan sesuatu, membuahkan yang disebut teknologi.
Perkembangan ilmu pengetahuan selalu diikuti oleh perkembangan teknologi. Teknologi adalah suatu studi sistematik akan teknik – teknik untuk membuat dan mengerjakan berbagai benda, sedangkan ilmu adalah usaha sistematik untuk memahami dan menafsirkan dunia. Dengan demikian teknologi itu berkaitan dengan pembuatan dan pengguanaan benda, alat dan artefak – artefak, ilmu dicurahkan usah yanglebih konseptual untuk memahami lingkungan, dan tergantung pada keahlian yang relatif canggih dibidang baca tulis dan berhitung.
Eksistensi ilmu pengetahuan teknologi dalam suatu masyarakat merupakan kekayaan budaya yang sangat penting bukan hanya bagi masyarakat yang bersangkutan, untuk seluruh umat manusia. Kemajuan ilmupengetahuan teknologi sangat ditentukan oleh keberadaan yang menghidupkan dan mendukung semangat untuk mengeksploitasi dunia yang belum diketahui.
Gelombang ilmu pengetahuan teknologi dibeberapa bidang seperti transportasi, komunikasi, informasi dan energi telah banyak membawa perubahan pada hidup dan gaya hidup manusia yang lebih dinamis. Kemajuan teknologi transfortasi misal memungkinkan manusia berada dalam mobilitas yang tinggi, bergerak dari suatu tempat ke tempat lain dalam frekuensi tinggi. Sementara kemajuan dalam bidang teknologi menciptakan berbagai kemudahan pertukaran dan lalu lintas informasi di mungkinkan dalam berbagai bentuk dan berbagai media cetak maupun elektronika.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini, segala aktivitas yang di lakukan oleh masyarakat modern sangat tergantung pada energi. Hampir di semua sektor kegiatan energi menjadi kebutuhan pokok yang tidak ditawar lagi. Oleh karena itu kemajuan suatu negara akan sangat terkait dengan energi di negara tersebut, misalnya negara maju Amerika, Jepang, Korea, dan negara Eropa lainnya. Pendidikan ilmu pengetahuan teknologi diterapkan sejak dini melalui pendidikan formal SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi.
Sosialisasi ilmu pendidikan teknologi di Indonesia belum cukup. Kenyataan memang ada situs yang menyajikan berita tentang ilmu pengetahuan teknologi, dan berita ini selalu di update setiap hari. Namun yang dapat menikmatinya hanyalah kalangan yang mampu mengoperasikan internet, antara lain dari kalangan pelajar, ini juga masih sangat terbatas dalam penguasaan teknologi modern. Sebagai contoh sederhana, banyak dijumpai di kalangan pelajar bahkan mahasiswa sekaligus masih banyak yang belum bisa mengoperasikan. Akibatnya informasi ilmu pengetahuan teknologi hanya dapat merambat pada masyarakat golongan menengah ke atas. Sedangkan masyarakat pedesaan belum dapat menikmati hasil perkembangan ilmu pengetahuan teknologi tersebut.
Alat yang paling efektif untuk penyebaran ilmu pengetahuan teknologi ialah media masa dan media elektronik. Khususnya, televisi, selain sebagai ajang promosi atu iklan produk berteknologi baru, juga sebagai alat efektif untuk memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekarang di Indonesia televisi dan koran daerah telah merambat kepedesaan, sehingga menambah kelancaran informasi bagi masyarakat, termasuk informasi penting tentang penelitian.
Kehadiran globalisasi membawa pengaruh bagi suatu bangsa. Pengaruh globalisasi dirasakan di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain – lain yang mempengaruhi nilai nasionalisme bangsa.
Secara umum globalisasi dapat dikatakan suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Menurut Edison A. Jamil (kewarganegaraan, 2005) globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang di munculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa di seluruh dunia. Dengan kata lain globalisasi berdampak melampaui batas kebangsaan dan kenegaraan.
C.     Dampak Globalisasi Teknologi Informasi
Pengaruh globalisasi dengan dukungan informasi seperti pedang bermata dua disatu sisi kita bisa menyangkal manfaat dan ancaman yang di bawanya, jadi manfaat disebut juga pengaruh positif dan ancaman disebut pengaruh negatif. Pengaruh positif yang dapat dirasakan dengan adanya teknologi informasi adalah peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga, dan biaya. Sebagai contoh manifestasi teknologi informasi yang mudah dilihat disekitar kita adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronis (e-mail), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengolahan data dalam jumlah besar juga dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dalam kegiatan ekonomi sudah dilakukan E-comerce, E-shoping dan masih banyak lagi.
Sedangkan pengaruh negatif yang bisa muncul karena danya teknologi informasi misalnya dari globalisasi aspek ekonomi, terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri dan dtambahnya harga yang relatif murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negri. Dengan hilangnya rasa cinta produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia dan penipuan derta pembobolan keuangan melalui media elektronik juga dari kegiatan ekonomi yang semakin mudah.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
Berkomentarlah sesuai dengan judul postingan. Terimakasih

GET FREE EMAIL UPDATES